Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Ahad libur
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia

Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia

Diposting pada 26 Januari 2018 oleh Abdul Muiz

Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan rempah-rempah dan berbagai macam tanaman herbal dan buah-buahan Berikut jenis-jenis obat tradisional yang populer di Indonesia, diantaranya :

Tanaman Daun Dewa

Daun dewa mengandung senyawa saponin, flavonoid dan minyak atsiri. Daun dewa berkhasiat untuk mengobati muntah darah dan payudara bengkak. Daun dewa bisa juga digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan (pasca keguguran), pereda rasa nyeri (analgesik), penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh.

Daun Kelor

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menganjurkan setiap bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dll.

Lidah Buaya

Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut, anda cukup mengoleskan lidah buaya ini ke rambut anda, untuk mendapatkan rambut yang lebat. Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

Temulawak

Temu lawak merupakan salah satu rempah – rempah yang tumbuh di Indonesia. Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Tanaman Sambiloto

Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Tanaman ini juga dipercaya bisa mnyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudia meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.

Tanaman Ciplukan

Pengertian Obat Tradisional
Tanaman obat yang satu ini sangat familiar ditelinga kita, tanaman obat ini mempunyai buah yang enak rasanya dan disukai oleh anak – anak. Ciplukan biasanya tumbuh di area persawahan. Tanaman obat ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

Tanaman Brutowali

Tanaman obat yang satu ini rasanya pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain brutowali bisa menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa digunakan untuk mengobati luka.

Biji Mahoni

Pohon mahoni biasanya banyak sekali tumbuh di pulau Jawa. Selain kayunya yang bermanfaat sebagai bahan baku mebel. Biji dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Tanaman obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, masuk angin juga bisa menambah nafsu makan.

Tanaman Kumis Kucing

Tanaman obat ini banyak kita temukan di sekeliling kita. Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sakit kencing batu, rematik, batuk, diabetes, dan masuk angin.

Daun Sirih

Siapa yang tak mengenal tanaman ini. Semua orang pasti mengenalnya. Tanaman dipecaya sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Caranya cukup mudah anda hanya perlu merebus beberapa helai daun sirih, kemudian basuhlah area kewanitaan anda dengan airnya yang masih hangat, bagus untuk keputihan dan perawatan organ kewanitaan lainnya. Selain itu tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan sakit mata dan mimisan.

Jahe

Jahe biasa digunakan untuk penyedap makanan atau minuman untuk menghangatkan badan, selain itu Jahe juga menyembuhkan sakit asma, sakit tenggorokan, dan masuk angin.

Kencur

Kencur juga termasuk rempah – rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan bisa menambah nafsu makan.

Selain dari berbagai jenis tanaman, obat tradisional juga bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis hewan dan bumbu dapur.

  • Hewani :Cacing tanah bisa digunakan untuk penyakit tipes, Undur-undur untuk penyakit diabetes, serta jenis fauna lain seperti ulat, bekicot, lintah, teripang emas, ikan salmon dll
  • Bumbu dapur :Cabai untuk pilek, Bawang merah untuk demam, bawang putih untuk penurun kolesterol, Kayu manis untuk mengatasi kanker, dll

Dan masih banyak obat-obat tradisional/herbal yang terdapat di Indonesia……

Dengan melihat banyaknya obat-obatan tradisional Toko Herbal Online dan Ofline kami menyediakan berbagai macam obat alami terlengkap dan terpercaya yang diramu dan dikemas dengan ciri khas dan mengedepankan kualitas yang sudah teruji dan terbukti di masyarakat,

Bagikan informasi tentang Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia | Toko Obat Herbal Muiz | HP/WA 085693183592

Belum ada komentar untuk Jenis-Jenis Obat Tradisional yang Populer di Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan